Manajemen Haji dan Umrah, 4A, P3E

Sabtu, 08 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010

 

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata ( word processor ) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan. Di antaranya adalah istilah screen layout (tampilan layar), menu toolbar. Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Istilah menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris.

 Tab Menu dan Fungsi Pada Microsoft Word 2010
     A. Tab Home
 Tab Home 1
Tab Home pada Microsoft Word 2010 maka akan tampil Ribbon yang terdiri dari beberapa Group, diantaranya yaitu: Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.
 
     B. Tab Insert

Tab Insert kegunaannya untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dibuat. Baik berupa objek gambar, shape, tabel, dan karakter spesial (symbol). Bahkan mungkin dengan Tab Insert tersebut, pengguna bisa menyisipkan link ke file yang berada diluar dokumen, bahkan ke internet
   
C. Tab Page Layout
 
.Tab Page Layout ini digunakan untuk mensetting halaman dari lembar kerja tersebut
  
D. Tab Reference
Tab-References-Word-1

Tab References sendiri secara umum berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan atau rujukan dalam penulisan berbentuk buku. Contoh penulisan berbentuk buku itu sendiri seperti skripsi, karya tulis ilmiah, makalah, paper, proposal, modul dan yang sejenisnya.  

E. Mailings
tab-mailings-1

 Secara umum Tab Mailings ini berfungsi untuk membuat surat secara massal dengan format dan isi yang sama namun pada tujuan yang berbeda.

    F. Tab Review 
 tab-review-1
Tab Review ini secara umum berfungsi untuk memeriksa kesalahan data dan dapat juga digunakan untuk memproteksi dokumen. Group-group  yang terdapat pada ribbonnya berisi ikon-ikon berguna untuk mengkaji ulang dokumen, seperti: memeriksa ejaan, mengganti penggunaa bahasa, terjemahan bahasa, menyisipkan komentar, dan sebagainya.

    G. Tab View


u 
Tab View secara umum berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen pada layar, pengaturan tampilan tersebut di antaranya adalah tampilan halaman yang sesuai dengan pencetakan, tampilan garis bantu, perbesaran tampilan dokumen, bermacam-macam tampilan jendela Word pada Group Window, tampilan untuk mengelola macro dan masih banyak lagi tampilan-tampilan yang perlu dipelajari dari Tab View ini.
 
A. Menu Bar
 Hasil gambar untuk gambar menu bar 2010



Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.

B. Toolbar Standar



Keterangan :
a. NEW : Membuka jendela dokumen baru.
b. Open : Membuka/menampilkan dokumen yang sudah tersimpan.
c. Print : Mencetak dokumen.
d. Print Preview : Menampilkan hasil cetakan dilayar.
e. Spelling : Memeriksa ejaan.
f. Save : Menyimpan dokumen.
g. Cut : Menghapus.
h. Copy : Mengkopi ke bagian luar.
i. Paste : Menyisipkan isi ke bagian luar.
j. Undo : Membatalkan perintah/pengetikan sejumlah karakter.
k. Redo : tidak jadi membatalkan perintah/pengetikan sejumlah karakter.
l. Auto Format : Memformat secara otomatis.
m. Insert Table : Menyisipkan table.
n. Insert MS Excell : Menyisipkan lembar kerja MS excel.
o. Columns : Membuat naskah berkolom/table.
p. Drawing : Memunculkan/menyembunyikan drawing toolbar.
q. Show Hidden : Memunculkan/menyembunyikan paragraph.
r. Zoom Control : Mengatur besar kecilnya tampilan.

C. Toolbar format

Keterangan
a. Style : Mengganti style paragraph.
b. Font : Memilih jenis huruf.
c. Bold : Untuk menebalkan huruf atau teks.
d. Italic : Untuk memiringkan huruf atau teks.
e. Underline : Untuk menggaris bawah huruf atau teks.
f. Alght right : Teks rata kanan.
g. Alignn left : Teks rata kiri.
h. Center : Teks rata kiri.
i. Justify : Teks rata kiri rata kanan.
j. Numbering : Memberikan nomor pada awal paragraph.
k. Bullets : Memberikan tanda pada awal paragraph.
l. Decrease indent : Menggeser indentasi kiri.
m. Increase indent : Menggeser indentasi kanan.     
n. Border : Menampakkan/menyembunyikan toolbar garis.

d. Drawing toolbar
Keterangan
a. Line : Membuat garis.
b. Arrow : Membuat garis panah.
c. Rectangle : Membuat kotak empat persegi panjang.
d. Ellips : Membuat lingkaran.
e. Texs book : Membuat teks dalam kotak.
f. Word Art : Membuat variasi tulisan.
g. Fill color : Warna isian.
h. Clip Art : Memasukkan gambar.
i. Line Color : Warna garis.
j. Font Color : Warna pada huruf.
k. Line Style : Bentuk garis.
l. Dash Style : Merubah bentuk garis.
m. Arrow Style : Macam-macam garis panah.
n. Shadow : Membentuk bayangan pada gambar objek.
o. 3-D : Membentuk objek menjadi tiga dimensi. 
   
   

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About

Popular Posts

BTemplates.com

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Tata Cara Menggunakan Rumus di MS Excell Menggunakan Fungsi Matematika atau Operator Matermatika (+,-,*,/)

 Aritmatika sebagai Fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan perpangkata...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Labels

Halaman

Pages - Menu

Copyright © Dicky Zulkarnain(1711170008) | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com